Jomblo Konyol.......wkwkwkwk.....

Selasa, 19 April 2011
Gue konyol? Ya, paling nggak itulah yang sekarang gue rasakan. Kalo Om Hamdan ATT pernah memelas dalam lagu Termiskin di Dunia, maka gue ngerasa paling konyol sedunia. Gimana nggak, gue kembali dikerjain temen-temen gue. Kali ini pas gue dan temen-temen ngumpul di café. Sebenarnya tuh café bagi geng gue bukan tempat buat makan aja. Tapi lebih sebagai sarana hangout. Gue ama temen-temen nongkrong di sana sekalian cuci mata sambil tebar pesona. Ah, sebenarnya gue malas hidup kayak gini terus. Tapi, gue nggak cukup berani buat nolak ajakan temen gue. Lagian, inilah yang bisa gue lakukan sebagai jalan untuk bisa diterima gaul dengan temen-temen gue.

Eh, kenapa gue milih istilah konyol? Karena gue pas iseng-iseng buka kamus bahasa Indonesia (ehm.. gini-gini juga gue rajin baca, Man!), kata konyol tuh sebenarnya banyak artinya, lho. Arti yang pertama: nggak sopan dan kurang ajar. Arti kedua, konyol tuh agak gila atau kurang akal. Sementara arti ketiga dari konyol adalah nggak berguna dan sia-sia. Definisi mana yang pantas gue sandang untuk istilah konyol ini?

Kalo gue kudu jujur, sesuai dengan pengalaman gue adalah arti yang pertama dan ketiga. Gue benar-benar ngerasa nggak sopan dan bahkan kurang ajar udah gitu nggak berguna deh. Tentu itu bikin derajat gue jadi jatuh ke titik nol. Khususnya kejadian di café yang gue alami. Gimana nggak, gue sendirian yang ngerasa jadi sansak temen-temen gue buat kembali ngejatuhin harga diri gue. Kebangetan deh. Sumpah, gue nggak rela. Tapi, gue emang bukan tipe cowok yang suka mamerin otot buat duel. Jadinya ya gue terima aja tuh perlakuan nggak manusiawi dari temen-temen gue, meski dengan perasaan gondok abis. Ya, sebenarnya kalo dipikir-pikir emang chicken banget sih mental gue.

Sebagai jomblo tentunya gue kudu tebar pesona sebanyak mungkin dengan performa alias daya guna yang terus ditingkatkan dalam tiap levelnya. Sayangnya gue nggak bisa manfaatin kesempatan. Atau emang udah takdirnya begitu kali ye. Gue jomblo sial! Kutukan banget. Apa karena berangkat dari niat gue yang nggak tulus buat dapetin cewek? Soalnya gue ngelakuin gini ngerasa kepaksa karena pengen diterima di komunitas gaul gue. Au, ah gelap! Ora mudheng! Yup, soalnya ada teman gue di sekolah (bukan geng gue sih) yang niat banget tapi sampe sekarang nggak dapet-dapet gebetan juga. Hore! Gue ada temen senasib. Kok, gue jadi mengampuni kegagalan diri sih?

Ceritanya gini nih tentang konyolnya gue waktu di café itu. Sebenarnya gue udah dikasih kesempatan pertama buat tebar pesona. Mungkin temen-temen gue empati sama gue. Biar gue juga dapet gebetan kayak mereka. So, gue akhirnya harus tampil all out. Selain sebagai penghormatan kepada temen-temen gue yang udah ngasih kesempatan buat gue, juga saatnya gue unjuk kekuatan. Kesempatan belum tentu datang dua kali, Man!

Gue senang banget begitu ada cewek tinggi-putih masuk ke café dan nyari-nyari tempat buat duduk. Doi berdua sama temennya, cewek juga, yang menurut gue tampangnya biasa aja kalo dibanding doi. Gue harap-harap cemas. Gue berdoa dalam hati agar tuh cewek milih meja dekat geng gue. Tapi sayang, kayaknya tuh cewek milih meja di pojok depan dilihat dari arah langkahnya sih.

Ngelihat gue cuma diem begitu ada makhluk manis lewat, seorang teman gue nyuruh gue untuk agresif. “Elo jangan ngejogrok di sini aja. Buruan sambut tuh cewek sebelum ada yang ngerebut,” sarannya gue rasakan tak lebih dari tonjokkan menyakitkan buat gue. Tapi, gue nurut juga buat ngelakuin perintahnya. Tapi gue masih tetep duduk sambil memasang tampang bingung. Soalnya selain gue agak-agak ragu dengan kemampuan gue untuk pdkt, gue juga punya pikiran takut salah nyari. Abisnya kan gue belum tahu siapa dia sebenarnya. Cocok apa nggak buat gue.

Gue masih bengong sambil ngeliatin tuh cewek sampai akhirnya temen gue yang ngasih saran tadi nyubit paha gue kenceng-kenceng sampe gue meringis nahan sakit. “Elo gimana sih, ada ikan lewat dibiarin aja. Payah banget deh lo. Pantesan lo nggak dapet-dapet dan setia dengan predikat jomblo!” Kuping gue panas. Langsung tanpa pikir panjang gue deketin tuh cewek yang lagi ngobrol ama temennya di salah satu meja pilihannya. Sama sekali gue nggak jaim. Malah tampak konyol abis.

“Hai, met malam!” cengar-cengir memamerkan gigi gue yang kata orang sih rapi berjejer.

“Malam juga,” jawab cewek tinggi putih itu tersenyuman tipis.

“Eu… boleh duduk di sini?” gue tiba-tiba jadi berani.

Kedua cewek tadi saling berpandangan. Terus yang wajahnya biasa aja itu ngomong, “Ada keperluan apa ya?”

“Nggak. Pengen ngobrol aja,” gue bingung mo jawab apa. Gue lihat ke arah meja tempat ngumpul temen-temen gue. Mereka ngasih semangat dengan mengacungkan jempol tangannya.

Setelah gue dipersilakan duduk. Keringat dingin membasahi tubuh gue. Gue bingung mo ngomong apa. Gue buta sama sekali soal pdkt. Meski gue gaul ama temen-temen gue yang jago pdkt dan bisa dapetin cewek.

“Ada yang bisa saya bantu?” cewek putih-tinggi itu mengagetkan gue. Jantung gue ampir mo copot.

“Eu.. eu.. eu..” cuma itu yang keluar dari mulut gue. Dua cewek itu saling berpandangan lagi dengan tatapan heran.

Sebelum mereka nanya lagi, gue tembak langsung, “Mau nggak pacaran sama gue?” Deg, lidah gue kelu menanti jawaban. Gue rasa itu konyol. Abisnya gue tembak langsung. Mereka kembali berpandangan heran.

Sebelum gue ngomong lagi, cewek putih-tinggi itu malah bertanya kepada seseorang, “Mas, kok lama amat sih parkir mobilnya?” Gue noleh ke arah tempat yang dituju cewek putih-tinggi itu mengarahkan pandangannya. Gila! Tampak lelaki tegap dengan tongkrongan mirip Tora Sudiro berjalan menuju tempat gue. Gue deg-degan. Gue udah kepikiran jangan-jangan nih pacarnya. Gue udah mau lari siap balik badan. Tapi lengan gue terasa ada yang narik kuat.

“Anda siapa?” tanya lelaki itu.

“Euu.. eu..” gue speechless.

“Jangan ganggu istri saya ya!” Gubrak!

Gue langsung nunduk dan ngibrit meninggalkan mereka. Terdengar suara ngakak temen-temen gue dari meja seberang. Sial. Dalam hati gue dongkol dan kabur ninggal café itu. Gerimis malam itu kembali menemani gue. Gue nyesel kenapa gue nggak pilih-pilih sasaran. Konyol banget! Lebih konyol lagi, gue mau aja nurutin saran temen gue yang sebenarnya lebih berasa penjerumusan. Bukan berangkat dari empati terhadap gue. Gue udah salah sangka ama temen-temen gue. Kirain bener mo bantu gue. Ah, gue sebenarnya bosan dengan hidup kayak gini. Jadi jomblo kok beban banget bagi gue. Cuape deh! [O. Solihin, osolihin.wordpress.com, judul asli: Gue Banget: Kekonyolan Gue]

0 komentar:

Posting Komentar

kejora. Diberdayakan oleh Blogger.